Mari Mengenal MATAN Lebih Jauh (2)

Kiprah dan Usaha MATAN
1. Di bidang Agama, mensyi’arkan dan mempergiat pelaksanaan ajaran Islam Ala Ahlussunah wal Jama’ah dikalangan mahasiswa.

2. Di bidang Akademis, mengaktualisasikan tradisi ilmiah berbasis spiritual tasawuf tanpa meninggalkan unsur intelektualitas rasional.

3. Di bidang Akhlaq, mengembangkan tradisi tasawwuf dalam rangka tercapainya akhlaqul mahmudah di kalangan mahasiswa.

4. Di bidang ukhuwah Ijtima’iyyah, mempererat dan memperkuat tali persaudaraan sesama mahasiswa serta menyosialisasikan etika tasawwuf di tengah­tengah masyarakat kampus.

5. Di bidang Thoriqoh, mengusahakan tercapainya Asysyari’atil Ghourok wath-Thoriqil Baidlo’, yakni syari’at Islamiyyah dan thoriqoh muttasil sanaduha ila-Rasulillah Shallallahu Alaihi Wasallam.

6. Di bidang pergerakan, meningkatkan al-amar bil ma’ruf dan annahyi ‘anil mungkar, berbasis akhlaqul mahmudah serta mewujudkan terciptanya Islam yang Rohmatan lil alamin.

7. Di bidang wathoniyyah, meningkatkan kecintaan tanah air, menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan pengamalan dan penghayatan etika tasawuf.


Karakter MATAN
1. Sufistik, yakni memiliki kedalaman spiritual melalui pengamalan thoriqoh Mu’tabarah untuk mencapai wushul ilallah sehingga dapat meraih ridla Allah SWT.

2. Intelektual, yakni memiliki semangat belajar dalam meningkatkan kemampuan intelektual untuk memberikan manfaat dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Nasionalis, yakni memiliki semangat patriotisme dan nasionalisme dengan meningkatkan rasa cinta tanah air untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4. Integritas, yakni berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak sesuai dengan akhlaqul karimah serta memegang teguh prinsip­prinsip adab.

5. Pelayanan, yakni memberikan prioritas khidmah lil ummah dalam setiap gerak langkahnya dengan sepenuh hati, cepat dan akurat.

6. Kesempurnaan, yakni berupaya untuk melakukan perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik.

7. Sinergi, yaitu menyeimbangkan aspek spiritual dan intelektual di kalangan mahasiswa serta meningkatkan inklusivitas berfikir, keselarasan dalam bertindak dan kedalaman spiritual dalam jiwa kepemudaan.


Sumber : SOP, Juknis dan Pedoman Mahasiswa Ahlith Thoriqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyyah

Tag Terpopuler

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top